? ??????????????City Life (Animated)? ????? ?? ???Rating: 2.0 (67 Ratings)??494 Grabs Today. 7082 Total Gr
abs. ??????Preview?? | ??Get the Code?? ?? ?????????????????????????????????????Kobe Bryant (Animated)? ????? ?? ???Rating: 4.8 (24 Ratings)??472 Grabs Today. 6767 Total Grabs. ????? BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Isnin, 8 November 2010

Perang cyber


Perang dunia maya/cyber War bukan lagi sekedar fiksi tapi sudah menjadi kenyataan. Perusahaan keamanan jaringan internet McAfee melaporkan saat ini telah terjadi serangan yang dilakukan melalui jaringan internet.

Dari analisa yang dilakukan, serangan yang terjadi di dunia maya ini sebagian besar bermotif politik. Bahkan saat ini banyak negara yang telah mempersenjatai diri dalam perang cyber dan menyiapkan pasukan untuk melakukan serangan secara virtual, sebelum menyerang secara fisik.

"Setidaknya ada lima negara diketahui mempersenjatai diri mereka sendiri untuk menghadapi konflik via jaringan internet yang akan terjadi di masa depan," kata Greg Day, analis utama McAfee Eropa. Negara itu adalah Inggris, Jerman, Prancis, China dan Korea Utara.

Meski belum ada definisi sebenarnya perang cyber, namun para pengamat menilai perang tersebut adalah saling serang untuk mencuri informasi rahasia suatu negara. "Jika seseorang mencuri informasi atau menanamkan bom logika, maka itu akan sulit sekali dilacak," kata Chris Wysopal dari Veracode.

AS diketahui memiliki petunjuk manual aturan dan prosedur untuk menjalankan taktik perang cyber. Hal ini diketahui ketika AS melakukan hacking terhadap seluruh jaringan cyber di Irak sebelum melakukan serangan fisik. AS dengan mudah mengetahui posisi tentara Irak, termasuk kekuatan persenjataan mereka, sehingga memudahkan operasi tentara AS.

"Kalau langsung perang fisik akan butuh biaya besar, tapi kalo perang cyber akan lebih murah dan efektif," kata Day. Ia menambahkan salah satu incaran dalam perang cyber di masa depan adalah infrastruktur, karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak.

Sumber - Mediaindonesia

0 ulasan: